Kamis, 28 Juli 2011

Kekuatan Sebuah Keyakinan

Apakah Anda yakin dengan apa yang Anda kerjakan? Jika Anda yakin bahwa Anda bisa, Anda pasti bisa!

Secara tak terduga saya menemukan profil teman lama di buku Wirausaha Muda Mandiri-nya Rhenald Kasali. Dia adalah Jerry Aurum Wirianta. Mungkin orang lebih mengenalnya dengan nama Jerry Aurum atau menyapanya dengan Jerry. Profesinya desainer sekaligus fotografer, seperti tertulis di halaman blognya, “Some people know me as a designer, some as photographer.”

Meskipun sama-sama dari Jurusan Desain Komunikasi Visual ITB, tapi kawan saya yang satu ini sangat santun. Sedikit berbeda dengan teman saya Koko yang saya ceritakan di tulisan terdahulu. Sosok Jerry sangat flamboyan. Murah senyum. Tapi benaknya menyimpan banyak sekali ide dan kreativitas.

Pertama kali saya mengenal Jerry pada saat diskusi kelompok mata kuliah Etika tentang “Pro-Kontra Kloning Manusia“. Kebetulan saya dan Koko menjadi asisten sekaligus moderator diskusi. Beberapa pendapat yang dilontarkan Jerry saat itu mencerminkan idealismenya yang tangguh. Makanya tak heran karya-karya desain dan fotografinya begitu sarat makna dan filosofi.

Wimar Witoelar (In My Room)

Beberapa bulan berikut saya membaca berita karya fotonya menerima penghargaan medali perak di ajang Salon Foto. Ini adalah kontes fotografi paling bergengsi di tanah air. Saya langsung menduga teman saya ini bukan fotografer kemarin sore. Apalagi sesudahnya saya menemukan karya-karya fotonya terpampang di beberapa media. Bahkan saya sempat menyaksikan dia menjadi seorang nara sumber dalam kontroversi karya fotografi di suatu televisi swasta nasional.

Sebut saja nama Jerry, niscaya orang yang menggeluti fotografi akan segera meluncurkan pujian. Demikian kutipan yang ditulis Rhenald Kasali di buku Wirausaha Muda Mandiri. Simak karyanya yang terangkum dengan tajuk Femalography. Ini adalah buku sekaligus pameran fotografi yang merupakan pembuktikan kemampuannya.

BOOM

Deretan wanita cantik negeri ini, seperti Rachel Maryam, Dian Satro, Indah Kalalo, Endhita, VJ Cathy, Aline, Dinna Olivia, terpampang begitu nyata dalam balutan keindahan. Tak melulu menjadi objek, wajah cantik dan tubuh molek mereka telah mengisi bingkai yang diterjemahkan secara artistik oleh sang fotografer. Wajar saja karena Jerry adalah sosok flamboyan yang sangat rendah hati. Sehingga sang model pun tak perlu canggung bergaya dan mengeluarkan aura kesempurnaannya.

Jerry memang teman saya yang luar biasa. Kemampuannya pantas disandingkan dengan fotografer top lainnya. Isi kepalanya bukan hanya menyimpan ide-ide brilian, tapi juga keyakinan yang tinggi terhadap pilihan hidupnya. Berbekal modal seadanya, dia mengoperasikan Jerry Aurum Design and Photography dari rumah kecil di pinggiran Jakarta. Pilihannya tak main-main ketika dia menyasar target pasar premium yang memiliki tantangan dan resiko besar.

DJ Battle (for CITIBANK)

Namun, Jerry memang tak pernah jeri. Dengan segudang keyakinan ditambah modal selembar ijazah cumlaude dari almamaternya, dia akhirnya mampu menggandeng perusahaan-perusahaan besar menjadi kliennya, seperti Excelcomindo, Sampoerna, Conoco Philips, Gudang Garam, Citibank, Microsoft Asia, Johnson & Johnson, BCA, BMW, Hyundai, General Electric, Pupuk Kaltim, Adira, Toyota, Daihatsu, dan masih banyak lagi. Begitulah, kekuatan keyakinan selalu menghasilkan vibrasi positif yang luar biasa.

Mitra bisnis online, Anda bisa belajar pada pengalaman Jerry di atas. Keyakinan adalah modal utama meraih mimpi-mimpi Anda. Dunia bisnis juga mengajarkan tentang keyakinan Kolonel Sanders membangun impiannya, meski awalnya dia selalu ditolak sewaktu menawarkan resep makanannya. Di bisnis online pun Anda bisa bercermin dari jatuh bangunnya Joko Susilo menjual ebook Formula Bisnis. Meski banyak orang mencibir karya ini, tapi ebook ini awalnya juga ditolak banyak orang sebelum akhirnya menjadi ebook yang legendaris. Bahkan ada pengunjung yang berkomentar, “Jelas sekali terlihat formula bisnis dibuat oleh seorang amatiran.”

Ringgo Agus Rahman (In My Room)

“Jika Anda yakin bahwa Anda bisa, Anda pasti bisa!” Itulah salah satu statement terkenal dari seorang penulis buku laris, Dr. Denis Waitley. Namun, kebanyakan manusia yang ragu-ragu dan tidak berani mencoba bersumber dari kurangnya rasa percaya diri dalam diri mereka. Karenanya, kita tidak berpikir bahwa kita mampu melakukannya, dan tragisnya kita tidak pernah berani mencoba. Bahkan saking takutnya kita sudah meyakini bahwa apa yang akan kita lakukan pasti gagal. Orang seperti ini, bukan hanya gagal 100 persen, tetapi gagal 110% karena sebelum mencoba sudah mengatakan tidak bisa.

Menurut Darmadi Dharmawangsa, untuk mengatasi ketakutan tersebut, kuncinya adalah jujur pada diri sendiri. Jujurlah terhadap segala potensi besar yang terkandung dalam diri Anda. Lalu jalanilah kehidupan Anda secara konsisten dengan nilai tertinggi dan potensi terbesar Anda tersebut. Niscaya realitas hidup akan mengarah pada keyakinan Anda. Sebab Anda bakal berperilaku, bertingkah laku, dan berbicara sesuai dengan apa yang paling Anda yakini.

Julie Estelle (In My Room)

Ingatlah, 80% keberhasilan manusia ditentukan oleh apa yang dipikirkan dan sikapnya sehari-hari. Hanya dengan keyakinan positif, Anda mampu melakukan sesuatu hal yang bagi orang lain tidak mungkin dilakukan. Dan inilah faktor utama untuk menggapai kesuksesan Anda.

Jadi, apakah Anda masih belum yakin dengan apa yang Anda kerjakan?

Salam Untung Nyata!

sumber : http://www.untungnyata.com/kekuatan-sebuah-keyakinan/


_________________

Catatan

1. Foto-foto ilustrasi merupakan copyright Jerry Aurum dan ditampilkan dengan ijin khusus.

2. Tulisan ini terinspirasi dari dua buah buku best seller Wirausaha Muda Mandiri karangan Rhenald Khasali dan Fight Like A Tiger Win Like A Champion karangan Darmadi Dharmawangsa dan Imam Munadhi.